728x90 AdSpace

Breaking

Ads[postpage]

Ads[homepage]

Saturday, January 20, 2018

Mitos Atau Fakta; Jika Bulu Kudu Berdiri Itu Pertanda Ada Hantu?

http://www.rakyatina.com/2018/01/mitos-atau-fakta-jika-bulu-kudu-berdiri.html
Ini keterangan menurut ilmuwan fisiolog tentang makna dibalik bulu kuduk berdiri. Images/google


RAKYATINA.COM | Pada kehidupan masyarakat kita terdahulu yang mengatakan, jika bulu kuduk kita itu tiba-tiba merasa berdiri itu biasanya menandakan seperti adanya kehadiran sesosok makhluk gaib seperti syetan dan makhluk halus sejenisnya, namun nyatanya, mitos ini akhirnya terbantahkan oleh beberapa pakar ahli fisiolog barat ini. 

Hal itu diungkapakn oleh sekelompok ilmuwan dari barat yang mengungkap secara teologis asal-muasal penyebab asli fenomena yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat kita dewasa ini.

Seperti dikutip dari laman techno.okezone.com yang bersumber dari Everyday Health itu memaparkan penyebab adanya fenomena ini merupakan sebuah "reaksi terhadap bahaya" yang ada dari dalam diri seseorang. Dan hal ini pertama kali ditemukan oleh ilmuwan fisiolog dari Harvard, Walter B Cannon.

Reaksi tubuh ketika menghadapi bahaya, maka otak secara langsung atau otomatis akan melepaskan sebuah hormon adrenalin yang menyebar ke seluruh di dalam tubuh. Sebuah adrenalin yang mengalir itu secara cepat akan menyebabkan jantung juga ikut berpacu dengan gerakan yang sangat cepat dan membuat telapak tangan itu juga ikut berkeringat.

Sesuatu yang dihasilkan dari adanya adrenalin yang mengalir dari dalam tubuh itu, maka otot pada bagian lengan kita akan mengalami kontraksi. Dan setiap otot yang telah berkontraksi itu yang membuat rambut dibagian kulit itu akan berdiri dan sedikit menonjol. 

Hal lainnya selain rasa takut yang didapatkan dari bulu kuduk yang berdiri itu adalah, betapa suhu yang dirasakan akan terasa lebih dingin dan juga hal itu dapat menyebabkan bulu kuduk ikut berdiri.

Selain terjadi pada manusia, nyatanya fenomena ini juga dialami oleh binatang atau hewan. Contohnya adalah hewan peliharaan kucing yang enrasa terancam dengan adanya gangguan dari hewan predator yang menggnaggu ketenangannya, maka hal itu dapat menyebabkan bulu kuduk kucing itu menjadi berdiri.


Sumber: techno.okezone.com

Mitos Atau Fakta; Jika Bulu Kudu Berdiri Itu Pertanda Ada Hantu? Reviewed by Baretto Media on Saturday, January 20, 2018 Rating: 5 Ini keterangan menurut ilmuwan fisiolog tentang makna dibalik bulu kuduk berdiri. Images/google RAKYATINA.COM | Pada kehidupan masya...

Next
This is the most recent post
Older Post

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Ads[postpage]